Media Visit CNN Indonesia

Media Visit CNN Indonesia 


Kunjungan kami ke CNN Indonesia pada Jumat, 28 April 2017. Kami diajak menelusuri ruangan-ruangan tempat untuk memproduksi berita hingga tayang di televisi. Pertama yang akan dibahas yaitu sosok dibalik control room yang terdiri dari produser, eksekutif produser, switcher, audio person, lighting person, program director, mixer. Di CNN sendiri terdapat delapan orang yang berprofesi sebagai program director seperti salah satunya mas Johan, Ia menjelaskan mengenai apa saja yang dilakukan oleh seorang program director CNN. Program director merupakan pilot dari sebuah program yang menggunakan multicam sistem. Karena ada dua, yang menggunakan multicam system seperti switcher, audio, mixer lighting, vtr, CG, live dan yang kedua menggunakan single cam atau multicam tanpa system. Single cam ini menggunakan system tapping tidak live. Job desk program director yaitu mengerti semua item yang di butuhkan oleh sebuah program salah satunya seperti komposisi gambar, yang kedua yaitu komposisi lighting seperti cahaya dari sudut ke anchornya apakah terlihat bayangan ketika di kamera ataupun gelap dan terangnya. Kemudian ketiga, program director harus mengerti materi yang diperlukan dalam sebuah program. Semua kebutuhan program harus di atur oleh program director. Sebagai seorang program director harus artikulatif karena yang memerintahkan dan menguasai secara keseluruhan adalah cara kerjanya. Jadi apa yang ada di kepala director harus dapat diterjembahkan lewat verbal ke semua orang yang terlibat dalam sebuah program.  

Kemudian penjelasan oleh Dinda Ayu Nutriani dari Public Relation (PR) CNN. Di lantai tiga yaitu news room atau ruang redaksi terdiri dari the row yang berfungsi untuk memastikan naskah atau editorial yang telah siap. Kemudian area news gathering yaitu semua berita yang berada di trans media semua di atur oleh CNN. Program CNN sendiri ada di acara goodmorning pada pagi hari, CNN indonesia news report pada siang hari, dan kemudian night news berada pada malam hari. Trans saat ini dalam program berita di akusisi oleh CNN, karena trans ingin memiliki satu poros program pemberitaan. Dalam hal distribusi CNN mengsuplay kepada trans tv, redaksi trans 7, detik dan CNNindonesia.com. tetapi pemberitaan di setiap tv tersebut berbeda. Tetapi resourcenya berada di CNN. Hal itu dikarenakan redaksi dengan segmentasi audiensnya berbeda, size, dan angle berbeda. Kemasannya berbeda di masing-masing tv tersebut. Kemudian ada namanya director peliputan dan kadiv news gathering diruang news gathering. Fungsi keduanya yaitu ketika sedang breaking news akan ramai di area news gathrering ini. Seperti berita bom atau sebagainya CNN indonesia tidak langsung menyiarkan meskipun bad news is good news. CNN tidak berpihak kepada siapa saja oleh karena itu walaupun berita dapat langsung saja disiarkan tetapi CNN menerapkan independensi, akurat, transparan dan fair. Jadi tidak boleh sembarang asal menayangkan berita yang tidak sesuai dengan faktanya. Karena sebagai jurnalis juga memiliki tanggung jawab moral dan juga masyarakat. Kecepatan penting didalam berita tetapi tidak cepat lalu memberitakan yang salah kepada masyarakat.


Sedikit tambahan infotmasi dimana berita CNN indonesia sendiri berawal dari CNN internasional. Tidak ada yang berbeda dari segi kualitas dan hanya bahasanya yang berbeda. Keuntungannya adalah efisiensi dengan jurnalis internasional yang ada di CNN untuk meliput ke berbagai negara sehingga berita dapat cepat tersalurkan. CNN Indoensia berdiri pada 17 Agustus 2015 dan grand launcing pada 15 Desember 2015. CNN Indonesia memiliki pakar-pakar dengan CNN Internasional sehingga terjaga kualitasnya terjaga. CNN memiliki pedoman SNI yang diharuskan anggota yang bekerja di CNN mampu menerapkan pedoman tersebut. Oleh karena itu CNN Indonesia menjadi media berita yang netral.

Kemudian area plat party yang berfungsi untuk mengambil source dari pihak ketiga. Jadi yang menghubungkan ke berbagai wilayah. Semua data terkumpul di wilayah plat party ini. Lalu ada area schedule untuk menentukan jadwal untuk ditujukan pada rapat editorial yang diadakan pada pagi dan siang hari. Tim di CNN biasanya terdiri dari tiga orang yaitu koreponden, field produser, dan foto jurnalis. Fungsinya foto jurnalis atau campers (camera person) yaitu bertanggung jawab atas kamera yang di bawanya. Karena kamera tersebut tidak murah dan kaset master yang telah diliput. Kaset master dapat dijual ke tim klien atau calon klien dengan nilai yang tinggi. Semua kaset master tersimpan di ruang archiving library. jadi dari awal liputan sampai akhir tersimpan di ruangan tersebut dan di convert. Tidak sembarang orang yang dapat memasuki ruangan ini kecuali dari atasan, karena datanya mahal.


Kemudian di CNN terdapat research and clearance informaation yang memiliki tugas di news gathering. Dimana video amatir yang dibuat memiliki copyright yaitu siapa yang membuat video tersebut dan menaikannya. Data tersebut bisa saja didapat dari netizen dimana data tersebut memiliki nilai jual. kualitas data harus dijaga tidak hanya mementingkan kecepatan. Berikut penjelasan dari pengalaman berkunjung ke media CNN Indonesia dimana terdapat hal menarik mengenai dunia broadcasting dan jurnalistik. Untuk kunjungan media visit ini dapat menambah wawasan dan tentunya mengetahui dunia kerja jurnalistik secara mendalam. Terima kasih. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Produksi TV 2